Pujotirto, Perkampungan di Dataran Tinggi Kebumen

kalipuru

Desa Wadaslanag dilihat dari Desa Pujotirto (Foto: Nuranto)

KARANGSAMBUNG – Desa Pujotirto adalah sebuah desa di kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Letanya berbatasan langsung dengan Desa Kaligowong dan Kemejing di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Untuk mencapai desa pegunungan ini, jalan yang paling umum digunakan yaitu melalui desa Krakal Kecamatan Alian. Desa ini berjarak sekitar 18 Km timur laut Kota Kebumen dan 9 Km dengan ibukota kecamatan, Karangsambung.

Namun karena letak geografis desa ini yang berada di pegunungan membuat akses menuju ibukota kecamatan maupun Kota Kebumen terbilang sulit karena tak adanya angkutan umum. Masyarakat desa Pujotirto umumnya berprofesi sebagai petani. Dusun Kalipuru di desa ini bahkan berada diketinggian lebih dari 450 m di atas permukaan laut (dpl) atau berada di kawasan puncak Gunung  atau Bukit Indrakila (548 mdpl). Ya, desa ini menjadi salah satu desa tertinggi di Kabupaten Kebumen. Sehingga desa ini memiliki panorama yang indah khas pegunungan nan sejuk.

Desa ini memang dikelilingi gunung /bukit yang menjulang tinggi dan menjadi salah satu titik-titik tertinggi di Kabupaten Kebumen. Selain Gunung Indrakila, juga ada Gunung Kedungbarung, Tumpeng, Watukelir dan Limar yang tergabung dalam balut Pegunungan Indrakila yang kerap menjadi incaran untuk mencari tempat yang bisa melihat keindahan Kebumen selatan dari ketinggian.

Dari puncak-puncak bukit seperti Bukit Indrakila dan Bukit Kedungbarung, luas Waduk Wadaslintang dapat dilihat dari ketinggian. Di pagi hari, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro nampak gagah di kejauhan. Di desa ini juga terdapat beberapa air terjun, Curug Ganden di Dusun Kalipuru, Curug Janjag di Dusun pencu,  Curug Wadon di Dusun Kempyung, Curug Wringin di Dusun Era Gemiwang dan Curug Prua di Dusun Kaliurang.

Selain itu desa ini juga mempunyai tata kelola air permukaan yang tergolong baik. Air-air dari mata air di desa ini dialirkan melalui pipa-pipa menuju permukiman warga dan lahan lahan persawahan bahkan hingga ke sebagian Desa Krakal. Sebagian besar lahan persawahan adalah sawah tadah hujan dengan sistem terasering yang sangat rapi dan indah. Jadi jangan heran jika dipegunungan akan menemukan selokan dengan air yang jenih dan super dingin.

Desa Pujotirto terkenal dengan hasil biji jenitrinya yang melimpah berkualitas ekspor. Banyak pembeli dari India, Nepal, dan China yang membeli langsung ke warga. Komoditi lainnya adalah jagung, singkong, padi dan petai.

Pemkab Kebumen berkomitmen membuka akses wilayah utara Kebumen dengan membangun jalan lintas utara pun disambut gembira warga Desa Pujotirto. Pasalnya jalan di ruas Kaliputih-Wadasmalang akan melintasi desa ini. Jika sebelumnya jalan menuju desa ini sempit dan rusak, terlebih dari arah Kaliputih yang belum teraspal , dengan pembangunan jalan tersebut diharapkan akan mempermudah akses masuk dan keluar ke Desa Pujotirto sehingga roda ekonomi warga berjalan dengan lancar. (LintasKebumen©2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s