10 Air Terjun Yang Wajib Dikunjungi di Kebumen

Curug Sawangan

Curug Sawangan

KEBUMEN – Berwisata ke pantai yang ada di Kebumen mungkin sudah biasa. Nah, tidak ada salahnya jika anda sesekali menjelajah keindahan alam di wilayah utara juga barat daya Kebumen yang didominasi perbukitan Karts Gombong Selatan dan Pegunungan Serayu Selatan. Saat musim penghujan datang akan dijumpai beberapa air terjun yang indah. Berikut 10 air terjun yang yang ada di Kabupaten Kebumen yang dirangkum oleh Lintas Kebumen, Sabtu (20/9).

1. Air Terjun Sawangan

Air terjun ini terletak di desa Karangduwur kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Air terjun Sawangan memilki tinggi sekira dari 50 meter meter. Uniknya, air yang mengalir berasal dari dalam Goa Sawangan atau Goa Surupan. Tak hanya itu, air terjun yang berada di dalam kawasan Perhutani ini hanya berjarak 150 meter dari pantai selatan. (Selengkapnya: bit.ly/1C9OdSr)

2. Air Terjun Silancur

Air Terjun ini terletak di desa Wadasmalang kecamatan Karangsambung kabupaten Kebumen. Air terjun Silancur memilik tinggi kurang lebih 28 meter. Tempat di sekitar air terjun masih sangat alami dengan panorama alam berupa hutan di lereng perbukitan dan lahan persawahan warga yang cantik. Air terjun ini merupakan aliran hulu Sungai Kedungbener sehingga debit air tidak akan kering meski musim kemarau sekalipun. Akses menuju lokasi cukup mudah setelah jalan beraspal, anda harus menuruni jurang dibawah jalan raya Wadasmalang tersebut. (Selengkapnya: bit.ly/1Bq5NOF)

3. Air Terjun Pandansari

Air terjun ini terletak di desa Pandansari kecamatan Sruweng kabupaten Kebumen. Air terjun yang memiliki nama lain Kaliwiro ini memiliki tinggi sekitar 25 meter. Air yang mengucur dari ketinggian tersebut terlihat sangat indah jika puncak musim penghujan tiba karena pada saat kemarau debit air akan mengecil bahkan kering.  Akses jalan menuju air terjun ini  pun tidak sulit karena cukup dekat dengan pemukiman warga setempat. (Selengkapnya: bit.ly/1CO3vhN)

4. Air Terjun Sikebut

Air terjun ini terletak di desa Ginandong kecamatan Karanggayam kabupaten Kebumen. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 24 meter. Akses jalan yang sulit karena berada di antara hutan pinus Perhutani membuat tempat ini jarang diketahui oleh umum. Bahkan warga sekitar saja jarang mengunjungi tempat indah yang diburu para petualang itu. Gemericik air terjun saat tertiup angin menciptakan kesegaran tersendiri bagi para pengunjung. Air terjun ini sangat cocok dikunjungi jika musim penghujan saja. (Selengkapnya: bit.ly/1bsdtKY)

5. Air Terjun Sudimoro

Air terjun ini terletak di desa Donorojo kecamatan Sempor kabupaten Kebumen. Air terjun Sudimoro memiliki tinggi sekitar 35 meter dengan tiga tingkatan air terjun. Air terjun ini juga satu satunya yang sudah dikelola oleh Pemdes sekitar sebagai wisata wana sehingga terdapat fasilitas yang cukup baik disana. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun Sudimoro cukup lebar sehingga guyuran air akan membentuk seperti tirai air yang deras dan mempesona. Air terjun ini cocok dikunjungi di musim penghuan maupun kemarau. (Selengkapnya: bit.ly/1xxJQC0)

6. Air Terjun Gemawang

Air terjun ini terletak di Desa Candirenggo Kecamatan Ayah atau tak jauh dari jalan raya menuju Pantai Logending. Air terjun Gemawang memiliki tinggi sekira 22 meter dan terdiri dengan dua tingkatan air terjun. Air terjun ini memiliki panorama yang indah karena berada di kawasan karst. Derasnya air terjun Gemawang membuat pengunjung akan puas mandi dibawah guyuran air terjun. (Selengkapnya: bit.ly/1y4YECX)

7. Air Terjun Kalicurug

Air terjun ini terletak di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekira 15 meter dengan dua tingkatan. Diantara jeda tingkatannya terdapat kolam yang bisa diunakan untuk mandi dan berenang. Suasana di sekitar air terjun masih sangat alami dan indah. Selain itu lokasi air terjun ini tak jauh dari jalan raya sehingga sangat mudah dijangkau. (Selengkapnya: bit.ly/19kg1t5)

8. Air Terjun Kedondong

Air terjun ini terletak di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam. Air terjun ini memiliki ketinggian sekira 22 meter. Lokasinya berada dibawah hutan pinus sehingga air yang dikucurkan sangat segar. Air terjun Kedondong yang merayapi batuan breksi andesit besar ini sangat cocok dkunjungi saat menusim penghujan. Pasalnya jika di musim kemarau, debit air terjun akan mengecil. (Selengkapnya: bit.ly/19OFnjS)

9. Air Terjun Karang Gemantung

Air terjun ini terletak di Desa Pucangan Kecamatan Sadang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekira 12 meter. Air terjun Karang Gemantung berada diantara hutan pinus sehingga lokasinya tersembunyi. Namun demikian suasana asri, alami dan segara sudah pasti akan disuguhkan kepada siapaun yang berkunjung ke tempat ini. Pastikan pengunjung mengunjungi air terjun ini saat menusim penghujan. Pasalnya jika di musim kemarau, debit air terjun akan mengecil. (Selengkapnya: http://bit.ly/1Hobpl9)

10. Air Terjun Sindaro

Air terjun ini terletak di Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung. Air terjun Sindaro memiliki dua tingkatan air terjun dengan ketinggian sekira 25 meter. Air terjun ini masih sangat alami sehingga masih dikelilingi hutan. Guyuran air terjun Sindaro sangat indah dilihat pasalnya air akan jatuh dan menyebar sehingga nampak seperti tirai air raksasa yang indah. Air terjun ini merupakan aliran hulu Sungai Kedungbener sehingga debit air tidak akan kering meski musim kemarau sekalipun. (Selengkapnya: bit.ly/1xfYe1o)

Demikian 10 air terjun tertinggi yang direcomendasikan dan harus anda kunjungi saat berlibur di Kebumen. Dari kesepuluh tempat tersebut hanya air terjun Donorojo yang sudah dikelola. Lainnya, hanya sebuah destinasi para petualang yang mencari keindahan tersembunyi. Catatan: Dilarang buang sampah sembarangan, Dilarang merusak apapun dan jangan digunakan untuk hal-hal tidak senonoh.  (LintasKebumen©2014)

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s