Tak Mau Kalah, Plumbon Juga Punya Curug

Curug Plumbon
Curug Plumbon

KARANGSAMBUNG – Terletak di desa Plumbon kecamatan Karangsambung kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Suasana asri terpampang ketika kita sampai ke lokasi Curug Plumbon. Sebuah air terjun indah yang terletak tidak jauh dari jalan raya beraspal.

Uniknya, Sungai disana tidak berdasar tanah dan lumpur tetapi berdasar batu wadas putih karean wilayahnya yang masuk dalam Geopark Karangsambung. Kondisi tersebut membuat air terlihat jernih dan segar. Setelah menyusuri sungai tersebut akan dijumpai sebuah air terjun atau Curug Silancur yang mempunyai 2 tingkatan.

Sebuah curug yang memiliki ketinggian sekitar 6 meter dengan sebuah kolam dibawahnya yang bisa dijadikan tempat untuk berendam dan berenang. Untuk mencapainya dapat dilalui dengan memanjat tebing air terjun atau juga dengan berputar dari jalan di dekat sungai sebelum air terjun yang lebih aman.

Rute yang diambil bisa melalui Kebumen Kota – Alian – Wadasmalang – Plumbon maupun dari Kebumen Kota – LIPI – Plumbon. Curug yang dikenal warna dengan sebutan Curug Kali ini sangat indah dan mempesona. Gemericik air bersatu dengan sunyinya alam perbukitan Kebumen utara. (LintasKebumen©2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s