Menikmati Keindahan Pantai Ayah dan Sungai Bodo

AYAH – Kawasan pantai selatan pulau Jawa memang dikenal memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Tak terkecuali pantai Ayah yang terletak di Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Tak seperti pantai pada umumnya, pantai Ayah menawarkan pemandangan yang berbeda dari pantai lainnya.

Pantai Ayah atau yang juga sering disebut pantai Logendhing ini memiliki ciri khas tersendiri. Dimana terdapat muara, yakni pertemuan antara laut selatan dan sungai Begawan Bodo yang memisahkan wilayah Kebumen dan Cilacap. Dari tepi pantai, kita dapat menyaksikan bentangan alam mempesona kawasan ini.

Di sisi selatan, kita akan melihat muara yang diapit bibir pantai Ayah (Kebumen) di sebelah timur dan bibir pantai Jetis (Cilacap) di sisi barat. Sementara di sisi barat terdapat hamparan sungai Begawan Bodo dengan latar belakang pepohonan yang telah masuk kawasan Cilacap.

DI sisi utara terdapat jembatan Kali Bodo yang memanjang dengan hilir mudik kendaraan yang melintas di atasnya. Sementara di bagian sisi timur, terdapat bukit-bukit dengan hutan Jati lebat yang berjajar dari ujung pantai hingga ke utara.

Tak hanya dapat sekedar menikmati pemandangan, kita juga dapat menyewa perahu tempel Rp 10ribu per orang untuk menyusuri sungai Bengawan Bodo dan menikmati pemandangan di kedua sisi sungai. Jika bosan dengan suasana tersebut, kita masih bisa menikmati panorama mempesona pantai Ayah dari atas bukit yang ada disisi sebelah timur.

Dengan mengendarai kendaraan sekitar 15 menit, dari atas bukit ini, kita akan mendapatkan pemandangan menabjubkan matahari tenggelam di atas lanskap pantai ayah, muara serta kelok-kelokan sungai Bengawan Bodo. Sebuah pemandangan yang sulit ditemukan dari tempat lainnya.

“Setiap menjelang bulan Ramadhan, dari atas bukit ini, sering menjadi tempat untuk melihat hilal. Karena posisinya sangat strategis,” ujar salah seorang penduduk setempat, Agus. (KRjogja/LintasKebumen©2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s